ALAM TRENGGULUNAN (HASIL BUAH-BUAHAN,SAYURAN,PALA WIJA,AIR ,IKLIM) BUAH NAGA TRENGGULUNAN MANIS  

KOCOK KEMUDIAN TETESKAN IODIN TES ,KANDUNGAN YODIUM PADA GARAM AKAN TERLIHAT

budi astomo | 11 November 2019 13:32:03 | Berita Desa | 451 Kali

            Trenggulunan,Pancur-Sosialisasi Garam beryodium desa Trenggulunan berjalan interaktif.Peserta sosialisasi khususnya Kalangan ibu- ibu baik dari unsur  Kader PKK,Maupun kader Posyandu mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan pada senin Pagi (11/11/2019).Ya’’ Garam yang awalnya hanya air laut yang dikristalkan ternyata mempunyai Peranan penting bagi Tumbuh kembang Kesehatan,selain menjadi penambah rasa pada masakan.

             Sesuai yang penjelasan dari Narasumber  dari UPT PUSKESMAS PANCUR‘’Mbak Sinta’’ yodium yang tercukupi dengan baik dapat berpengaruh terhadap produksi hormon tiroid dalam tubuh. Selain mengendalikan metabolisme tubuh, hormon tiroid juga berperan untuk menstabilkan detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh; serta mengatur jumlah dan jenis makanan yang diubah menjadi sumber energi.

            Hormon tiroid juga penting dalam menunjang tumbuh kembang. Hormon ini mendorong pertumbuhan tulang dan otak bayi. ada berbagai peran penting hormon tiroid dalam tubuh,beliau menghimbau kepada warga,dan memastikan kebutuhan yodium harian warga terpenuhi agar jumlah hormon tiroid yang diproduksi cukup.

            Maka pada sosialisasi kali ini dipraktekkan langsung cara melihat kandungan yodium pada garam dengan IODIN TES (dengan cara hanya mengocok iodin tes kemudian teteskan ke garam hasilnya bisa Biru saja berarti itu tanda yodium belum memenuhi syarat,lain halnya kalau warna tersebut biru keungu-unguan itu artinya kandungan yodium layak dan baik di konsumsi).

            Selanjutnya Tim dari ibu-ibu ,katdes dan narsum door too door ke rumah-rumah  warga untuk ceking garam yang mereka konsusmsi,hasilnya masih ada beberapa yang mengkonsumsi garam tidak beryodium atau grosok.sekali merengkuh dua tiga pulau terlampaui Tim juga menjelaskan pentingnya kosumsi garam yodium dan menjelaskan juga bahaya kurangnya kandungan yodium bagi kesehatan kepada warga.

            Harapan Pemerintahan Desa Trenggulunan dan UPT Puskesmas  kecamatan Pancur,dengan adanya sosialisasi ini masyarakat mau  beralih dari garam grosok ke garam halus yang beryodium untuk kesehatan kita semua dan anak cucu.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Desa Trenggulunan,RT 01 RW 01 .Kec.Pancur Kab.Rembang
Desa : TRENGGULUNAN
Kecamatan : PANCUR
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59262
Telepon :
Email : destrenggulunan@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung